Pemaksimalan Ekonomi Kerakyatan oleh PT Nabire Baru Milik Anak Bangsa

Pemaksimalan Ekonomi Kerakyatan oleh PT Nabire Baru Milik Anak BangsaPemaksimalan Ekonomi Kerakyatan oleh PT Nabire Baru Milik Anak BangsaBloggertulungagung.com Indonesia adalah negeri yang kaya. Kaya akan sumber daya alamnya serta budayanya. Wilayah Indonesia sangat luas karena terbentang dari Sabang sampai dengan Merauke. Yang belum banyak dieksplor adalah alam Indonesia yang ada di daerah pedalaman, seperti di Nabire Papua. Untuk maksimalkan eksplorasi alam Papua, PT Nabire Baru pun hadir dengan visi misi terbaiknya untuk bangsa.

Pemaksimalan Ekonomi Kerakyatan oleh PT Nabire Baru Milik Anak Bangsa

Yang mengelola kekayaan alam Indonesia ini adalah diharapkan berada di tangan anak bangsa. Anak bangsa sebagai akar bangsa harus berkembang dan mau melestarikan alamnya jika ingin alamnya tetap lestari. Sangat disayangkan jika malah pihak asing yang mengelolanya.

Alam Papua sebagai wilayah paling ujung Indonesia sudah terkenal dengan kekayaan alamnya. Wilayah ini sangat asri dan masih alami. Bahkan ada sumber daya alam tambang logam mulai di wilayah ini yang dikelola oleh pihak asing. Berpuluh-puluh tahun lamanya dan banyak merugikan Indonesia. Padahal Indonesia adalah pemiliknya.

Banyak tenaga kerja yang kurang terserap karena memang perusahaan tersebut milik asing. Bahkan perekonomian masyarakat setempat pun tidak mengalami perbaikan sedikit pun. Untuk itulah PT Nabire Baru hadir untuk mengulurkan tangannya kepada seluruh masyarakat Papua.

Didukung dengan Keputusan dari Gubernur Papua nomor 503/315/tahun 2014, bahwa PT Nabire Baru dinobatkan sebagai pelaksana AMDAL atau Social and environment Impact Assessment. Perusahaan ini dipercaya sebagai pelestari alam lingkungan Papua melalui usaha yang dilakukannya.

PT Nabire Baru ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Perkebunan yang sangat menjanjikan perekonomian rakyat karena potensi kelapa sawit sebagai bahan komoditas ekspor Indonesia yang sangat besar. Perusahaan baru ini bukan perusahaan milik asing, melainkan perusahaan milik anak negeri. Dimana dikelola oleh seorang insinyur lulusan IPB atau Institut Pertanian Bogor yang bernama Ir. Nyoto Santoso, MS. Perusahaan ini mulai beroperasi sejak bulan Januari 2011 sampai sekarang.

Bukan hanya perkebunan kelapa sawit saja yang ditangani oleh PT Nabire Baru ini, melainkan juga banyak bidang lainnnya. Bidang lainnya ini merupakan fasilitas tambahan untuk mendukung operasional perusahaan. Bahkan akan membantu akomodasi masyarakat juga.

Pembangunan infrastruktur Kabupaten Nabire semenjak kehadiran PT Nabire Baru ini bukan tanpa tujuan. Dimana tujuan pastinya adalah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Perusahaan ini berkonsentrasi untuk mengeksplor alam dengan memanfaatkan tenaga kerja di dalam negeri. Merekrut tenaga kerja masyarakat Nabire untuk yang paling diutamakan.

Lahan yang luas telah dikuasai oleh perusahaan ini dengan ijin resmi dari pemerintah Kabupaten Nabire. Ada sekitar 17.000 hektar yang dikelola oleh PT Nabire Baru, sehingga banyak merekrut tenaga-tenaga kerja yang ada di Kabupaten Nabire.

Pengolahan tanah yang dilakukan oleh perusahaan ini sudah sesuai prosedur dengan memperhatikan kelestarian masyarakat sekitarnya, terutama masyarakat Kabupaten Nabire. Area atau lahan yang akan ditanami dengan kelapa sawit pun sudah uji kelayakan lahan sehingga menghasilkan kelapa sawit yang berkualitas.

Suka dengan Artikel ini ? Yuk di Share....

Tags: #Informasi #Ulasan

author

Bloggertulungagung.com Blog yang Menyajikan Berbagai Informasi Menarik Seputar Kesehatan, Kecantikan, Wisata, Gaya Hidup, dll

No related post!

Leave a reply "Pemaksimalan Ekonomi Kerakyatan oleh PT Nabire Baru Milik Anak Bangsa"

Must read×

Top