Memilih Jenis Padi yang Tepat untuk Musim Kemarau

Di Penulis Tamu 55 views

PadiMemilih Jenis Padi yang Tepat untuk Musim Kemarau – Setiap tahunnya, setidaknya ada 2 musim tanam yang selalu dimanfaatkan para petani untuk berbudidaya padi. Namun di musim kedua yang mana biasanya dibeberapa daerah di Indonesia telah mengalami musim kemarau sehingga menyulitkan kegiatan penanaman.

Untuk itulah banyak dari pengembang padi yang mencoba untuk menciptakan jenis padi baru yakni padi berumur pendek dan tahan pergantian musim.

Memilih Jenis Padi yang Tepat untuk Musim Kemarau

Di artikel kali ini, kami ingin memberikan sedikit info mengenai beberapa jenis padi yang cocok dibudidayakan di musim kemarau. Silakan simak artikelnya berikut ini:

1. Padi Inpari 42 Agritan

Varietas padi satu ini memang tergolong laris dibudidayakan oleh petani. Selain karena mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk varietas satu ini, para petani pun merasa jenis ini lebih tahan kekeringan serta hasil yang didapatkan pun cukup memuaskan di atas rata-rata.

Bagi anda yang ingin menanamnya, padi ini sudah banyak sekali di jual di toko pertanian sekitar ataupun di balai bibit. Untuk usia tanamnya pun tergolong genjah yakni hanya 95 hst. Jadi sangat pas untuk musim tanam kedua.

2. Padi m70d

Varietas buatan mtani ini menang di usia panen yang sangat rendah. Yakni hanya usia 70 hari saja sudah bisa panen. Dan di usia 45 hari sudah keluar malai. Walau secara karakteristik hampir mirip dengan padi ciherang atau padi c600, namun padi ini lebih genjah dan menjadi padi paling genjah saat ini.

Bila anda ingin menanam padi ini, tentunya pemupukan serta perawatan harus dilakukan lebih awal. Hal ini berguna untuk menghindari berbagai serangan hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman.

3. Padi Kabir 07

Walau padi ini daya adaptasinya terhadap musim kemarau sedikit lebih rendah dibandingkan dengan dua varietas di atas, tapi dalam hasil panen lebih unggul dan memuaskan. Padi ini sangat cocok ditanam dimusim tanam kedua yang mana kelembaban lebih rendah sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jamur padi yang menjadi kelemahan utama padi kabir 07.

Tips bila ingin menanam jenis padi ini adalah dengan mengurangi pemakaian pupuk yang mengandung banyak N semisal Urea. Anda bisa menambahkan pupuk seperti P dan K untuk membantu peningkatan pengisian bulir padi.

Itulah 3 macam jenis padi yang cocok ditanam dimusim kemarau. Anda bisa memilih salah satu jenis padi yang paling sesuai dengan karakteristik di daerah anda masing-masing.

Tags: #Informasi #Pengetahuan #Pertanian #Tips #Ulasan

author
Bloggertulungagung.com Blog yang Menyajikan Berbagai Informasi Menarik Seputar Kesehatan, Kecantikan, Wisata, Gaya Hidup, dll
Ternyata Budidaya Ikan Patin ini Menguntungkan!
Ternyata Budidaya Ikan Patin ini Menguntungkan!
Ternyata Budidaya Ikan Patin ini Menguntungkan! -

Tinggalkan pesan "Memilih Jenis Padi yang Tepat untuk Musim Kemarau"

Baca Juga×

Top